Bagaimana Mengatasi Dashboard WordPress Yang Disable?

Tulisan pertama tentang Theme Terbaik Untuk WordPress kemarin sebenarnya memuat masalah. Ketika saya edit, banyak sekali menu dashboard yang disable. Maksudnya begini, saya nggak bisa menambah gambar, tidak bisa menambah kategori, tidak bisa mengedit post pake code editor (teks view)

Secara singkat kalau dibuat daftar, errornya menu dashboard itu meliputi:

1. Editor Teks
2. Tambahkan Media
3. Tambah Kategori

Dan masih banyak lagi.

Wah repot dong kalau begini. Saya nggak bisa melakukan editing pada tulisan lama, tidak bisa menambahkan gambar, menambah kategori, menambah hiperlink, apalagi mengedit code HTML-nya.

Lalu bagaimana solusinya? Apakah saya menginstall CMS WordPress yang error? Tidak mungkin kayaknya. Karena saya download langsung dari web www.wordpress.org dan hasilnya langsung saya upload.

Apakah saya menginstall theme yang memuat script rusak? Tidak juga. Karena sebagaimana saya terangkan pada tulisan sebelumnya tentang Theme Terbaik untuk WordPress, saya cukup selektif memilih theme. Jadi tidak mungkin saya install yang tidak jelas.

Apakah karena saya menginstall plugin yang keliru? Apalagi ini, tidak mungkin lah. Saya tidak menginstall plugin apapun dan web ini masih baru dan pluginnya masih standar bawaan default wordpress. Tidak ada plugin asing.

Lalu apa dong masalahnya? Apa mungkin WordPress error dari sononya? Kalau ini masalahnya saya nyerah deh, karena saya minim pengetahuan tentang scripting. Tapi kalau dipikir-pikir mana mungkin script WP error diupload di dalam web resminya?

Apa harus install ulang CMS WordPress-nya? Amit-amit. Tidak perlu deh. Ribet amat.

Tapi, eh sebentar. Install ulang WordPress? Menarik juga tuh.

Saya jadi ingat waktu installasi kemarin saya tidak menggunakan softaculous tapi langsung upload dari Cpanel. Apa itu berpengaruh? Bisa jadi.

Lalu saya login ke Cpanel dan saya cek File Manager.

Oalaah.. ketahuan deh di mana masalahnya. Ternyata permissions-nya yang keliru.

Mengatasi Error Disable Dashboard WordPress

Terlihat permissions-nya semua 0644. Ya jelas saja error wong Permission ini tidak mengizinkan user untuk execute. Maka segera saya ganti permissions itu menjadi 0755.

Klik “Change Permissions”.

Lalu saya refresh dashboard WordPress, dan alhamdulillah link dan menu disable sekarang sudah able seperti seharusnya.

Mengatasi Error Disable Dashboard WordPress

Terlihat kan sekarang sudah bisa menambah kategori baru.

Maka masalah dashboard wordpress yang disable, sehingga link dan menu dashboard wordpress mati, sekarang sudah teratasi.

Kalau teman-teman mengalami masalah yang sama silakan coba cara saya di atas. Insya Allah work.

Firdaus Abadi

 

Tinggalkan Balasan